Poker Online

Kamis, 19 Desember 2019

Daerah Penghasil Teh Terbaik

Indonesia punya banyak sekali daerah dataran tinggi yang memiliki udara yang sejuk. Umumnya, masyarakat yang tinggal di daerah ini menggantungkan hidupnya dari hasil kebun. Ada banyak sekali perkebunan di Indonesia, salah satu yang paling besar tak lain adalah perkebunan teh, Indonesia rutin mengekspor teh ke banyak negara di Eropa dan Timur Tengah setiap tahunnya.

Tak banyak orang Indonesia yang tahu bahwa teh lokal memiliki ciri khas dan keistimewaan yang disukai pasar global. Teh kualitas unggulan asal tanah air biasanya berasal dari Pulau Sumatera. Namun banyak juga daerah di Pulau Jawa yang menghasilkan teh berkualitas. Di bawah ini adalah daftar wilayah penghasil teh di Indonesia dari Pulau Jawa dan Sumatera.

1. Simalungun, Sumatera Utara


Simalungun adalah kabupaten di Sumatera Utara yang memiliki tiga kebun teh besar yaitu Toba Sari, Sidamanik, dan Bah Butong. Teh yang dihasilkan dari perkebunan teh di Simalungun banyak diekspor ke Eropa. Banyak konsumen teh asal Malaysia juga menggemari hasil produksi perkebunan Simalungun, khususnya perkebunan Bah Butong.
Agen Resmi Poker Online

2. Kayu Aro, Jambi


Kayu Aro bukan wisata kebun teh biasa. Terletak di kaki Gunung Kerinci, Kebun Teh Kayu Aro ini merupakan salah satu yang terluas di dunia dalam satu area yang sama. Bayangkan saja, luasnya mencakup 2,500 hektar! Kebun teh yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini menjadi supplier teh hitam bagi beragam merek terkenal di luar negeri. Berada di ketinggian 1,600 mdpl; kamu pasti betah berlama-lama di sini hanya untuk bersantai dan menghirup udara segar.

3. Malang, Jawa Timur


Perkebunan teh di Malang bernama Wonosari Lawang dan berfungsi sebagai penghasil teh untuk industri sekaligus agrowisata. Luas perkebunan teh di sini sekitar 1.444 hektar dan lahannya berada di ketinggian 950 mdpl hingga 1.250 mdpl. Perkebunan ini berlokasi di lereng Gunung Arjuna dan dikenal memiliki panorama indah.

4. Brebes, Jawa Tengah


Tidak hanya perkebunan teh Kerinci yang telah dibuka sejak era kolonial Belanda. Di Brebes, ada perkebunan teh Kaligua yang juga merupakan warisan kolonial. Tak hanya berfungsi sebagai kebun penghasil teh, perkebunan teh Kaligua juga digunakan sebagai lokasi wisata sejarah.

Perkebunan teh yang berlokasi di desa Pandansari, kecamatan Paguyangan ini menghasilkan teh hitam yang umumnya dikemas dalam bentuk serbuk dan celup. Teh jenis ini adalah yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia.

5. Cisarua, Jawa Barat
 

Lokasi ini mungkin adalah salah satu perkebunan teh yang paling terkenal karena kerap tampil dalam media populer serta terkenal sebagai objek wisata. Teh yang dihasilkan dari perkebunan ini umumnya dipasarkan ke berbagai daerah di tanah air. Teh hitam dan teh hijau adalah dua varian teh yang diproduksi di kebun ini.

6. Ciwidey, Jawa Barat


Selain Bogor, Jawa Barat juga memiliki perkebunan teh di wilayah Bandung, tepatnya di Ciwidey. Ada empat lokasi perkebunan teh di sini yaitu Malabar, Rancabali, Pangalengan, dan Gununghalu. Saat ini Rancabali dikabarkan lebih memfokuskan pengelolaan perkebunan teh untuk aspek wisata dibanding untuk industri, di mana pengunjung bisa melihat pemrosesan teh sejak penanaman hingga pengemasan.

7. Karanganyar, Solo


Kalau kalian lagi di Solo, jangan lupa untuk mengunjungi kebun teh Kemuning ini, ya! Kebun teh yang terletak di kaki Gunung Lawu, Karanganyar ini memang terkenal dengan keindahannya yang alami dan menenangkan. Nggak heran kalau banyak pasangan pengantin yang melakukan prosesi foto pre-wedding di tempat ini.

Itulah beberapa deretan kebun teh terbaik yang bisa kalian temukan di Indonesia. Jadi, kebun teh mana aja yang udah pernah kalian kunjungi?

0 komentar:

Posting Komentar