Poker Online

Selasa, 14 Januari 2020

Sambal Khas Indonesia

Zeusonline99 -- Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal akan beragamnya makanan khas dari setiap daerah. Keanekaragaman ini membuat makanan khas Indonesia terasa tidak pernah habis untuk dicoba. Tidak terkecuali beragam sambal khasnya, Sambal yang paling umum ditemui di banyak daerah biasanya adalah sambel bawang dan sambel terasi.

Berbicara mengenai sambal, memang tak dapat dipisahkan dari kebiasaan makan dari masyarakat Indonesia. Makanan yang bercita rasa pedas ini selalu menjadi primadona bagi hampir seluruh warga lokal kita, sehingga tak heran bila sambal menjadi salah satu bahan makanan wajib yang paling penting untuk dinikmati saat waktu makan tiba.

Ternyata, tiap daerah di Indonesia punya sambal khasnya masing-masing. Yang beda rasa, bentuk, warna, tapi tetap menggunakan bahan utama, yaitu cabe. Berikut adalah aneka jenis sambal di Indonesia khas dari masing-masing daerah.
Agen Resmi Poker Online

1. SAMBAL MATAH


Jenis sambal khas Bali yang satu ini menjadi salah satu menu sambal yang paling legendaris di Indonesia. Bagaimana tidak? Kepopuleran sambal matah yang luar biasa sampai banyak sekali restoran khas Indonesia maupun tempat makan fast food yang menggunakan sambal matah sebagai salah satu menu andalannya.

Sambal khas Pulau Dewata yang berarti mentah ini memang tidak dimasak karena hanya berisi campuran bahan seperti cabai, bawang merah, daun jeruk, perasan jeruk limau. Urusan rasa tidak usah diragukan karena akan sangat nendang di mulut.

2. SAMBAL CIBIUK

Sambal Cibiuk merupakan sambal khas Jawa Barat tepatnya berasal dari Garut. Sambal Cibiuk memang terkenal dengan bahannya yang mentah dan campuran dari daun kemangi, tomat hijau serta cabai rawit, bahkan sambalnya juga diracik dengan kencur dan terasi.

Selain itu rasanya yang sangat pedas juga menjadi andalan dari Sambal Cibiuk ini. Meskipun rasanya sangat pedas namun Sambal Cibiuk tidak menimbulkan rasa panas di perut bila dikonsumsi.

3. SAMBAL CABE IJO


Sambal cabe ijo merupakan sambal khas Indonesia tepatnya berasal dari Padang. Sambal ini dibuat menggunakan bahan dasar cabai hijau yang masih segar dengan tambahan bahan lainnya seperti tomat yang juga berwarna hijau agar warna sambal tidak berubah.

Cabai yang digunakan biasanya ada 2 jenis. Yang pertama adalah cabai hijau besar dan cabai rawit hijau. Keduanya digabungkan dengan bahan dan bumbu lainnya. Sambal cabe ijo ini memiliki rasa pedas dan lezat serta dikenal ampuh menghilangkan rasa ngantuk karena tomat hijaunya yang asam.

4. SAMBAL DABU-DABU


Masih mencari sambal yang rasanya segar juga? Sambal dabu-dabu jawabannya! Sambal asli Manado, Sulawesi Utara ini bentuknya memang tidak seperti sambal, karena bahan-bahannya tidak diulek terlebih dahulu.

Bahan-bahannya masih dalam bentuk potongan-potongan kecil yang terdiri dari potongan tomat, cabe rawit, cabe hijau, dan bawang merah. Bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu lalu diberi perasan air jeruk nipis, setelah itu disiram dengan minyak goreng panas.

Simak Juga : Travel Mania

5. SAMBAL ROA


Manado nggak cuma terkenal dengan sambal dabu-dabunya saja lho! Selain sambal dabu-dabu, ternyata Manado juga punya sambal roa yang rasanya khas banget dan pedasnya nampol banget di mulut.

Sambal roa merupakan perpaduan sambal dengan suwiran ikan roa yang telah dipanggang dan disangrai terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan tumisan bumbu-bumbu khas dan pelengkap lainnya. Oh iya, keunggulan dari sambal roa ini adalah bisa bertahan lama lho!

6. SAMBAL GOANG


Sambal goang merupakan salah satu sambal khas Nusantara tepatnya berasal dari daerah sunda. Sambal ini memiliki rasa pedas yang khas karena dalam pembuatannya, sambal ini tanpa dimasak terlebih dahulu atau dihidangkan secara mentah.

Cara membuatnya yang sederhana tanpa harus dimasak terlebih dahulu menjadi poin lebih dari sambal ini karena lebih praktis serta menyuguhkan rasa dan aroma cabainya yang lebih kuat.

7. SAMBAL BAJAK


Sambal yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur ini sangat cocok dihidangkan dengan  beberapa lalapan khas Indonesia seperti jengkol, petai, dan mentimun. Sambal ini dibuat dengan cara diulek hingga benar-benar halus.

Uniknya, sambal ini dibuat tidak terlalu pedas agar semua kalangan dapat merasakan kelezatan dari sambal bajak ini. Sambal bajak ini juga dibuat dengan bahan yang hampir sama dengan sambal pada umumnya yaitu cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, terasi, dan lengkuas.

8. SAMBAL ANDALIMAN


Kalau sambal Andaliman ini adalah sambal andalan bagi orang-orang Batak. Yup, sambal khas Tapanuli ini punya rasa khas yang pedas menggigit lho! Sambal ini diberi nama sambal Andaliman karena terbuat dari buah andaliman yang bentuknya terlihat seperti merica, berwarna hijau, serta memiliki rasa asam yang bisa membuat lidah kebas dan bergetar.

Bahan-bahan utama sambal ini adalah buah andaliman, cabe rawit, kemiri, tomat, serai, bawang merah, dan jeruk nipis. Orang-orang suku Batak ini biasanya suka sekali menyantap ikan mujair goreng, ikan mas panggang dan makanan khas batak lainnya dengan sambal andaliman ini.

Itu dia beberapa macam sambal yang ada di Indonesia. Sambal-sambal tersebut tentunya memiliki cita rasa khas Nusantara karena dibuat dengan campuran beberapa rempah khas lokal yang akan membuat sambal tersebut memiliki rasa pedas dan lezat.

Meskipun memiliki rasa yang lezat berkat kepedasannya, akan tetapi jangan sembarangan, ya dalam mengonsumsi sambal ini karena berpotensi menimbulkan gejala sakit perut dan penyakit pencernaan lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi sambal ini dalam jumlah yang cukup tanpa berlebihan.

7 komentar:

  1. Saya Ingin Merekomendasikan Situs Agen Poker Online Sekarang bisa deposit Via

    OVO, LINK AJA, DOKU, PAYPRO, GOJEK, T-CASH, DANA & GOPAY. (TSEL - XL)

    Cari menang ? Proses WD yang cepat ? Disini tempatnya.

    CasperQQ - Your Best Poker Game Solution.

    Mau WD berapapun langsung cuss diproses gak pake lama.

    Bonus Regular :

    - Bonus Rollingan 0.3%
    - Bonus referral sebesar 10% + 10% seumur hidup
    - Bonus New Member 10%

    Untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi contact dibawah ini !!
    Website : WWW.CASPERQQ.SPACE
    Line : Casperqq
    Wechat : CASPERQQQ
    Whatsapp : +855-613-41-467

    Sex+62
    agen poker terpercaya
    agen dominoqq
    ceme

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. hi!, i really like your writing! our percentage remains in further contact with your article on AOL?
    don't forget to visit our website
    Prediksi Sgp Jitu
    prediksi angka

    BalasHapus