Poker Online

Selasa, 07 Januari 2020

10 OLAHAN SINGKONG

ZEUSONLINE99 -- Bicara soal kuliner, Indonesia memang tak ada habisnya untuk dibicarakan, Di antaranya mengenai jajanan pasar dengan jenis, rasa, bentuk, dan aroma yang beragam. Bahkan di Indonesia sendiri, segala sesuatunya dapat diolah menjadi bahan makanan yang lezat.

Seperti saat ini banyak jajanan yang memiliki cita rasa dan bahan pembuatan yang berbeda, jajanan tradisional biasanya menggunakan bahan sederhana, seperti tepung beras, tepung ketan, jagung, ubi dan juga singkong.

Kali ini ZEUSONLINE99 punya beberapa inspirasi makanan enak yang terbuat dari singkong. Tak hanya enak, makanan ini juga mengenyangkan dan sehat. Apa saja makanan yang terbuat dari singkong?

1. GETHUK



Getuk atau Gethuk dalam bahasa Jawa merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong. Camilan yang satu ini sangat mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Getuk dikenal dengan dua macam, yakni getuk dan getuk lindri. Perbedaanya adalah bentuk dan tekstur tampilan.

Proses pembuatan gethuk ini sangatlah mudah dimulai dari singkong dikupas, setelah itu dikukus, lalu setelah matang ditumbuk, agar cepat bisa juga melalui proses penggilingan. Setelah itu diberi gula dan pewarna makanan. Diatas gethuk biasanya ditaburi parutan kelapa.
Agen Resmi Poker Online

2. TALAM UBI



Kue talam ubi adalah makanan yang terbuat dari ubi ungu. Biasanya, kue ini banyak ditemukan ketika bulan puasa. Ya, talam ubi memang menjadi salah satu hidangan takjil yang banyak disukai. Mengingat bahan dasarnya adalah ubi ungu, maka kue ini menghasilkan warna ungu yang alami dan cantik.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat talam ubi adalah ubi ungu, tepung kanji, tepung beras, gula pasir, santan kelapa, agar-agar bubuk putih, dan garam. Sementara untuk membuat lapisan bawah dari kue talam ubi, Anda memerlukan tepung beras, tepung kanji, santan kental, dan garam.

3. BOLA UBI GORENG



Saat ini, bola ubi sudah menjadi cemilan hits kekinian yang sudah dijual di berbagai kota di Indonesia. Tekstur bola ubi ini mirip dengan roti goreng yang biasa dijual bersama dengan cakue. Hanya saja, bola ubi ini lebih renyah dan terasa manis alami dari ubinya.

Pernahkah terpikir dalam benak Anda untuk membuat bola ubi sendiri? Bahan yang digunakan adalah ubi, tepung tapioka, tepung maizena, gula halus, garam, dan baking powder. Semua bahan harus dicampur menjadi satu, lalu bentuk adonannya menjadi bulatan-bulatan kecil.

4. TIWUL



Tiwul adalah makanan pokok pengganti nasi yang terbuat dari singkong. Makanan khas dari Wonogiri ini terbuat dari tepung gaplek. Tepung gaplek adalah singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Rasa dari tiwul sendiri ada yang manis dan juga gurih.

Warna yang diberikan pada tiwul sendiri adalah berwarna kecoklatan. Selain ada di Wonogiri, nasi tiwul juga ada di Wonosobo, Gunung Kidul, Pacitan, dan Blitar. Di daerah Kebumen, Banyumas, dan Cilacap ada makanan hampir serupa dengan nasi tiwul bernama oyek. Tetapi, proses pembuatannya berbeda dan rasanya juga berbeda.

5. COMRO



Siapa sih yang tidak mengenal makanan tradisional yang terbuat dari singkong dari Jawa Barat? Yup, makanan tradisional ini bernama comro (oncom dijero atau oncom didalam). Comro ini terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat atau lonjong.

Dan didalam diisi dengan oncom dan dicampuer dengan sedikit cabe untuk menambah rasa pedas didalama mulut, Makanan yang memiliki cita rasa dan gizi yang baik ini cocok deh dinikmati oleh semua kalangan!

Baca Juga : 10 MAKANAN KOREA YANG MENGOYANG LIDAH

6. MISRO



Misro berbeda dengan comro. Memang dari segi bentuk hampir sama. Dari daerah asal makanan misro dan comro sama-sama berasal dari Jawa Barat. Misro terbuat dari parutan singkong yang didalamnya diisi gula merah kemudian digoreng.

Karena rasa manis dari gula merahlah yang membuat makanan khas sunda ini dinamai misro (amis di jero atau bahasa Indonesianya manis di dalam). Makanan ini enak disantap hangat-hangat karena lelehan dari gula merahnya bikin meledak di mulut!

7. TAPE SINGKONG



Tape singkong merupakan olahan singkong kukus yang telah difermentasi, kamu pun dapat membuatnya sendiri dirumah lho. Jika sudah menjadi tape singkong, rasanya manis, asam dan lembut dalam mulut.

Selain dimakan langsung, tape singkong dapat dimodifikasi menjadi makanan dan minuman lezat lainnya seperti, tape goreng, cake tape, prol tape, brem, bahan isian es campur, es doger dan juga es tape. Enak banget kan?

8. GATOT



Sepintas namanya memang sedikit aneh, tetapi gatot ini memiliki cita rasa yang unik, manis, kenyal dan gurih dari kelapa parut kukus. Selain itu, gatot juga mengandung serat pangan lho.

Untuk menjadi gaplek gatot singkong harus dijemur lalu dibiarkan terkena panas dan hujan. Seiring berjalannya waktu, paparan panas hujan maka perlahan muncul jamur pada gaplek tersebut.

9. TIMUS



Timus menjadi salah satu camilan khas Jawa Barat yang terbuat dari campuran olahan singkong parut, kelapa parut dan gula merah. Bentuknya yang lonjong, dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, makanan ini dikenal dengan nama lemet. Berbeda dengan Jawa Barat, cara masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan mengolah Timus adalah dengan cara digoreng dan berbahan dasar ubi.

10. KRIPIK SINGKONG



Dan untuk makan yang terakhir ialah kripik singkong, Siapa yang tidak mengenal makanan olahan singkong yang satu ini? Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng.

Olahan keripik singkong bahkan menjadi snack favorit di kala hujan atau sebagai camilan saat mengobrol bersama keluarga ataupun kerabat dirumah, biasanya jika kita menyantabnya ditemani dengan secangkir teh atau kopi hangat.

Dari 10 makanan yang terbuat dari ubi dan singkong ini, manakah yang paling sesuai dengan selera Anda? Ternyata ubi san singkong memang bisa dijadikan bahan untuk mengolah berbagai makanan sehat. Yuk, temukan resepnya dan coba sendiri membuat makanan dari olahan ubi ini di rumah.

Kunjungi Juga : ZEUSONLINE99

3 komentar: