Poker Online

Minggu, 15 Desember 2019

WISATA KULINER KHAS PURWOREJO

  Wisata Kuliner Purworejo banyak diburu para penggila kuliner nusantara. Purworejo memiliki keistimewaan kuliner yang unik yang bisa memanjakan lidah para kuliner holic yang ingin memburu keaneka ragaman kuliner nusantara. Jika anda sedang berada di kota Purworejo jangan sampai anda melewatkan untuk menciccipi kuliner khas Purworejo yang memiliki cita rasa yang unik dan khas. Apa saja kuliner khas Purworejo tersebut, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

1. DAWET IRENG



 Mungkin sebagian diantara Anda tidak asing dengan minuman unik yang satu ini. Sejenis cendol berwarna hitam yang biasanya disajikan dingin bersama ketan hitam, juruh, dan tape dengan mangkuk kecil. Yang paling terkenal ialah dawet hitam dekat jembatan Butuh. Namun kini dawet hitam sudah menyebar di berbagai kota. Yang pasti rasanya manis, maknyos, dan bakalan bikin ketagihan.

2. CLOROT



 Clorot adalah makanan ringan yang menyerupai jenang yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan gula merah, santan kelapa, sedikit garam dan daun pandan sebagai aroma. Adonan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam wadah dari janur kuning yang diulin membentuk kerucut lalu dikukus. Clorot dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional.
Agen Resmi Poker Online

3. GEBLEK



 Sejenis makanan goreng yang bentuknya bulat kecil mirip gelang atau setengah angka 8. Tidak heran kalau masyarakat sana sering menyebut panganan itu dengan nama gelangan. Makanan yang terbuat dari tepung singkong itu rasanya sangat gurih. Lebih nikmat kalau disantap saat masih hangat atau baru saja digoreng. Kalau Anda jalan-jalan ke kota Purworejo, Anda bisa mendapati para penjual panganan geblek yang ada di seputar pasar Baledono, dekat alun-alun Purworejo, ataupun dekat pasar Jenar. Dan masih banyak lagi lokasi dimana Anda bisa mendapatkan panganan geblek tersebut di Purworejo. Uniknya banyak wisatawan yang suka menikmati geblek dengan campuran saus ataupun sambal kacang. Perlu dicoba nih sobat!

4. KUE LOMPONG



 Ialah kue basah manis dengan bulir kacang di dalamnya.Yang bikin unik panganan yang satu ini karena dibungkus menggunakan daun pisang kering yang sering disebut klaras. Konon warna hitam pada kue lompong ini berasal dari tanaman lompong. Tepatnya dari batang lompong yang dilumatkan dan dicampur pada adonan kue. Uniknya lagi pada setiap gigitan kue lompong ada suatu rasa sangat khas yang terasa di lidah kita. Itulah rasa klaras yang menjadi pembungkusnya. Benar-benar unik dan patut Anda coba sobat.

5. SATE WINONG

 Sate Winong adalah sate daging kambing dengan bumbu kecap dan dapat dijumpai di Desa Winong, tampilan Sate Winong berbeda dengan sate kambing lainnya karena ada tambahan daun jeruk yang diiris tipis-tipis hingga menyerupai helai rumput. Selain itu, ada banyak potongan bawang merah yang diiris dalam potongan besar. Bagi penyuka rasa pedas, pemilik warung biasanya menyediakan semangkuk sambal kecap. Sambal ini berupa kecap yang dicampur dengan potongan cabai dan potongan jeruk nipis.
6. CENIL
  

 Panganan khas Purworejo yang satu ini dibuat dari pati ketela pohon (tepung kanji). Bentuknya bulat-bulat kecil seperti kelerang. Biasanya ada warna-warni dan bertabur dengan parutan kelapa yang manis. Saat dimakan akan terasa manis dan kenyal. Biasanya dibungkus dengan daun pisang. Panganan ini bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional Purworejo.


  Demikian ulasan singkat mengenai beberapa kuliner asli dan khas yang berasal dari Purworejo dan cita rasanya hampir tidak dimiliki oleh kuliner dari lokasi yang lain. Jika anda kebetulan berada di Purworejo jangan sampai anda ketinggalan untuk mencicipi kuliner khas Purworejo ini. Dijamin anda bakalan datang kembali ke Purworejo untuk merasakan cita rasa kuliner Purworejo ini.

0 komentar:

Posting Komentar